Review: Tottenham ancam Arsenal di tiga besar

Tottenham harus bermain ekstra keras untuk menghadapi Aston Villa. Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga pertandingan berakhir.

Van der Vaart merasa kecewa ketika dua peluang beruntun yang didapatnya pada menit 17 masih gagal. Kiper Villa berhasil dua kali menggagalkan peluang dari pemain Belanda tersebut.

Villa akhirnya berhasil memperoleh gol pertama mereka pada menit 35. Sebuah kerjasama antara Charles N'Zogbia dan Ciaran Klark akhirnya membuat Clark berhasil menggetarkan gawang Tottenham dari sebuah tendangan jarak jauh.

Gareth Bale dan Rafael van der Vaart menjadi motor serangan Tottenham. Sayang penyelesaian akhir dari mereka masih belum cukup bagus karena bola masih sering melebar dari gawang Villa.

Tottenham mendapatkan hadiah penalti pada menit 61 setelah Richard Dunne menghadang Sandro dengan keras di area kotak terlarang. Emmanuel Adebayor berhasil menyelesaikan peluang tersebut dengan baik. Skor sementara imbang 1-1 bagi kedua klub.

Adebayor hampir saja mencetak gol keduanya pada menit 73. Ia berhasil menerima umpan dari Rafael van der Vaart namun bola hasil tendangannya masih berhasil diblok oleh kiper Villa.

Sebuah peluang di menit akhir pertandingan gagal dimanfaatkan oleh Sandro. Ia berhasil menerima umpan dari Kyle Walker namun bola hasil tendangannya berhasil diblok.

Pertandingan berakhir segera setelah peluang tersebut. Tottenham bermain imbang 1-1 dengan Villa. Hasil imbang ini membuat Tottenham mendekati tiga besar dimana mereka hanya berselisih 1 poin dengan Arsenal yang berada di peringkat ketiga.

Statistik Aston Villa – Tottenham

Shot (on goal): 4 (1) – 22 (4)

Pelanggaran:11 – 8

Corner: 4 – 19

Offside: 2 – 1

Penguasaan bola: 37% – 63%

Kartu kuning: 1 – 2

Kartu merah: 0 – 1

Penyelamatan: 3 – 0

(bola/Rev)

Sumber: merdeka.com Review: Tottenham ancam Arsenal di tiga besar

Iklan

Ical cari dukungan pelajar di SMA se-Surabaya

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie kembali membangun kekuatan di Jawa Timur. Kali ini, pria yang akrab disapa Ical itu, mencari dukungan dengan memberi sejumlah bea siswa kepada para siswa/siswi berprestasi.

Dalam lawatannya ke Jawa Timur itu, Ical bertemu dengan sejumlah pelajar SMA se-Surabaya di Gedung Juang 45, Jalan Mayjend Sunkono, Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Ical menyerahkan sejumlah bea siswa kepada para siswa/siswi di antaranya, Novia Kusuma Sitorus, Andi Destriyanto, Aghata Elma dan Salamah Indayati.

Masing-masing siswa itu, menerima beasiswa sekitar Rp 5 Juta. Usai berdialog, sejumlah siswa juga menyempatkan foto bersama dengan Calon Presiden (capres) Partai Golkar ini.

Selain itu, di hadapan ratusan pelajar itu, bos Grup Bakrie ini memotivasi bagaimana menjadi seorang pengusaha masa depan. Ical bercerita kisahnya sewaktu memulai sebagai pengusaha.

Saat itu, dia memulai bisnis dengan menjual kaos di Bandung. Hingga akhirnya bergelut di dunia kontraktor.

“Saya kali pertama mulai bisnis percetakan kaos di Bandung. Saat itu, kaos yang saya bikin bertuliskan, ‘Idaman Cewek Bandung,” cerita Ical dihadapan pelajar SMA dan SMK Gema 45 Surabaya, Sabtu (5/5).

Dia juga meminta kepada segenap siswa untuk tidak kenal menyerah meski mengalami kegagalan. Sebab katanya, seseorang juga tidak akan sukses jika tidak pernah mengalami kegagalan.

“Saya pernah suatu ketika gagal ketika menjadi kontraktor. Ketika saya utarakan kepada ayah saya, ternyata beliau malah tertawa dan berucap, kalau ingin sukses harus pernah mengalami kegagalan,” katanya.

Di sela-sela pertemuan itu, Ical juga sempat berkampanye. Dan ada salah satu siswa dari SMA yang bertanya dan menyebutkan umur.

“Dengan usianya yang masih 16 tahun itu, dua tahun lagi punya hak pilih. Jangan lupa untuk pilih saya,” guraunya sambil mempromosikan diri.

Kunjungan Ical ke Surabaya ini merupakan bagian dari lawatannya di Jawa Timur. Sehari sebelumnya, Ical melakukan lawatan ke Probolinggo.

Selanjutnya, usai melakukan kunjungan di Gedung Juang 45 dan berdialog dengan sejumlah siswa/siswi SMA se-Surabaya, Ical melanjut membuka Rakerda Golkar Surabaya yang diteruskan berdialog dengan Himpunan Pedagang Pasar Atom (HPPA) Surabaya.

Lihat Berita Terbaru di : www.merdeka.com

7 Tips menjadi orang yang paling diingat

Semua orang tentu ingin membuat orang lain berkesan terhadap mereka. Membuat orang lain mengingat Anda pasti tidak mudah. Menjadi sukses dan terus diingat oleh orang lain merupakan impian setiap orang. Jadi, Anda harus mengetahui cara membuat orang lain terkesan dengan Anda, seperti yang dilansir di Inc.

1. Tertarik dengan apa yang terjadi pada orang lain

Anda tak harus bergosip atau membicarakan rekan kerja. Yang dimaksud dengan ketertarikan itu adalah Anda tidak menutup diri dengan permasalahan yang terjadi di lingkungan kerja Anda.

2. Serius mendengarkan

Kapan terakhir Anda mendengarkan cerita rekan Anda dengan serius? Jika Anda ingin mengobrol dengan serius, matikan HP Anda. Fokuslah pada apa yang sedang Anda dan rekan Anda bicarakan.

3. Jujurlah!

Kejujuran adalah anugerah dari Tuhan. Tidak semua  orang mampu melakukannya. Semua orang tentu akan terkesan dengan sosok teman, bawahan, atau atasan yang jujur.

4. Memberi contoh yang baik

Semua orang di tempat kerja akan selalu terkesan dengan kepribadian Anda yang baik. Jadi, tunjukkan contoh yang baik kepada mereka.

5. Bahagia

Itu terdengar simpel tetapi cukup rumit. Semua orang menyukai rekan kerja yang selalu tampak bahagia. Anda dapat membagi energi positif yang Anda miliki kepada orang lain di sekitar Anda.

6. Mengatur uang dan waktu

Cara Anda mengatur uang dan waktu, menunjukkan kepribadian Anda. Hanya orang yang bijak yang mampu mengatur keuangan dan waktu dengan seimbang.

7. Berjuang untuk apa yang Anda yakini

Jadilah sosok tangguh yang selalu percaya impian di masa depan. Semangat Anda membuat orang lain selalu mengenang Anda.

Kerja keras Anda pasti membuahkan hasil yang baik. Jangan menyerah dan terus berjuang!

Lihat Berita Terbaru di : www.merdeka.com

CERITA LUCU

CERITA LUCU 1sby

3 Orang tengah terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika, Jepang dan Indonesia. Keheningan didalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi, ..bip,…bip,….bip… Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu. Dua rekan se ‘sauna’ nya dengan kagum melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut.
“Oh, telapak tangan saya telah ditanamkan chips, saya dapat langsung menerima pesan SMS tanpa alat , SMS nya langung tampil ditelapak tangan saya,…” ujar si Amerika ketika melihat kedua rekannya bengong.
Sesaat kemudian terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya, jempol didekatkan ke telinga sedangkan jari kelingking kebibirnya, “Oh maaf, saya terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima dan berbicara melalui 2 jari saya tanpa menggunakan HP” kata si Jepang.
Melihat semua itu, orang Indonesia mulai gugup, Apa yang bisa saya tunjukkan untuk mengalahkan orang orang ini? pikirnya. Karena stress, keinginannya untuk buang air besar tidak tertahankan lagi.
Usai buang air, dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh bokongnya dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di belahan bokongnya.
Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke untaian kertas ‘sisa’ tsb dan berkata: “Kertas apa itu yang tergantung dibokong anda…?”
“Oh maaf, saya baru terima Fax..” jawab orang Indonesia tersebut.

CERITA LUCU 2

Suatu hari dalam hutan rimba.
Monyet: “Tarzan…, kenapa sih engkau saja yang pakai celana? Kami semua tak pakai. Ada rahasia apa sih?”
Tarzan: “Nggak ada rahasia²an!”
Monyet: “Kita kan berkawan baik. Masak sama kita saja ada rahasia?”
Tarzan: “Aku bilang nggak ada…, ya nggak ada!”
Monyet sungguh enggak puas dengan jawaban Tarzan. Jadi dia pun ajak kawan² dia ke pondok Tarzan dan mengintai untuk mencari rahasia Tarzan.
Seperti biasa, sebelum mandi Tarzan mesti buka celananya (itulah satu²nya celana dia). Begitu lihat Tarzan yang bugil monyet² pun ketawa sampai sakit perut. Monyet berkata, “Pantesan saja dia pakai celana. Rupanya dia malu, sebab ekor dia ada di depan, pendek dan buntet lagi!!!”

CERITA LUCU 3

WIKIPEDIA : Aku tau semuanya.
FACEBOOK : Aku kenal dengan semua orang.
GOOGLE : Aku punya semuanya.
MOZILA : Tanpa aku kalian tidak bisa di akses.
EXPLORER : Kan gue masih ada.
MOZILA : Apaan sih lo, ganggu acara orang aja!
EXPLORER : Lo sih, ngaku-ngaku cuma ada lo sendiri!
INTERNET : Udah-udah! Jangan banyak bacot lo semua, kalo gak ada gue kalian semua gak bakalan ada!
FACEBOOK : Huuu, yang paling sering dikunjungi kan gue, jadi gue yang terbaik.
YAHOO : Facebook, Inget, tanpa gue lo gak bisa buat Email!
GOOGLE : Yahoo, Gue juga bisa buat Email.
INTERNET : zzz… Udah tau gue yg paling hebat :p
KOMPUTER : Gua Paling dewa di sini.
PLN : Bacot lo semua! Gua matiin nih listriknya!
GENSET : tenang aja kan masih ada saya
PLN : diem lu
PERTAMINA : awas kalian semua, saya stop pasokan BBM baru tau rasa lo
SOLAR CELL : tenang kan selama masih ada saya semuanya aman
Matahari : Ettt Gk gw sinarin diem lo
Air, Batubara, Petir dll : MASIH ADA GUA !!!
Bumi : Lo klo gk ada gw pasti gk bakal ada
jagat raya: lo semua kalo gak ada gwe pasti kalian gak bakalan ada….
Tuhan: tanpa saya kalian semua tidak pernah ada

CERITA LUCU 4

Suatu hari di salah satu ruangan di gedung MPR/DPR. Seorang anggota dewan yang baru diangkat, tampak masih canggung, lugu dan serba kikuk.
Rupanya dia wakil dari daerah dan belum pernah bekerja atau punya ruangan yang megah. Beberapa saat kemudian, ada yang mengetuk pintu ruangannya.
Setelah dibuka, berdiri dihadapannya 2 orang dengan kopor besar dan segulungan kabel. “Wah…, ini pasti wartawan TV yg mau mewawancarai aku…”, pikirnya dalam hati.
Agar tampak berwibawa dan membela rakyat, sambil melihat jam dan mengangkat telepon dia berkata: “Maaf tunggu sebentar, saat ini saya harus menghubungi ketua fraksi untuk melaporkan hasil-hasil sidang hari ini…”
Kemudian selama beberapa puluh menit dia menelpon dan terlibat pembicaraan tingkat tinggi, sambil sekali-sekali menyebut-nyebut ‘demi rakyat’ atau ‘kepentingan rakyat’ keras-keras. Setelah selesai sambil meletakan gagang telepon dia berkata pada dua orang tamunya tsb.
“Nah, sekarang wawancara bisa kita mulai…”
Kedua orang itu tampak bingung dan berpandangan satu sama lain. Akhirnya salah satunya berkata: “Maaf pak…, kami datang kesini mau memasang saluran telepon bapak…”

CERITA LUCU 5

Bahasa Indonesia vs Bahasa Silet Investigasi
(Dalam gaya berbicara Peni Rose)

Bahasa Indonesia: selingkuh
Bahasa Silet: goncangan kesetiaan cinta kini kandas sudah
Bahasa Indonesia: kangen
Bahasa Silet : sedang dilanda rasa rindu nan menggelora sehingga tak bisa tidur semalaman
Bahasa Indonesia: Galau
Bahasa Silet: Lara merundung menyesakkan dada, sungguh hanya kekasih pelipurnya
Bahasa Indonesia: kawin
Bahasa Silet: Erangan nafsu pemecah sukma di malam syahdu
Bahasa Indonesia: cantik
Bahasa Silet: raga nan indah bak intan permata bagaikan ratu cleopatra .
Bahasa Indonesia: Kangen mantan
Bahasa Silet: Hati masygul yang berderik laksana sungai kering mengungkung ikan-ikan penuh dahaga .
Bahasa Indonesia: kebelet boker
Bahasa Silet: desakan jiwa dan nurani menyemburatkan rona tertahan ingin bebas tapi tak berdaya dihadapan yang tercinta .
Bahasa Indonesia: Upil
Bahasa Silet: Butir-butir debu dalam rongga kehidupan
Bahasa Indonesia: ciuman
Bahasa Silet: 2 bibir bertaut merenda kasih saling berkatub seakan tak ingin lepas membuat jiwa menggelora penuh asa .
Bahasa Indonesia : bau jigong
Bahasa Silet: semerbak aroma menusuk sukma,nista tak tertertahankan menggetarkan tirani
Bahasa Indonesia: Ngantuk
Bahasa Silet: dua jendela hati yang tak kuasa menahan rasa menutup hari .
Bahasa Indonesia:nonton SM*SH
Bahasa Silet: termenung sejenak meresapi para pria nan elok mencolok membuat mata tercolok
Bahasa Indonesia: penggemar Justin Bieber
Bahasa Silet: perawan2 labil yg menggelinjang di depan panggung .
Bahasa Indonesia: lapar
Bahasa Silet: Erangan batin yang berkobar dalam rongga kenistaan hingga menjerit, menjalar asa kehampaan .
Bahasa Indonesia: kentut
Bahasa Silet: sekelebat nirwana yang memaksa batas norma
Bahasa Indonesia: abis boker
Bahasa Silet: setelah bergeming dg deru asa hingga bersimbah peluh akhirnya tergores senyum diwajah….

CERITA LUCU 6

Si Bejo sedang buru2 menuju ke kantaronya karna kesiangan bangun
dan tak sengaja dia menabrak seekor burung di tengah perjalanannya karna menendarai mobilnya dengan sangat cepat
dilihatnya burung itu, ternyata kepalanya terluka dan burung itu pingsan
karna merasa iba dan bersalah kepada burung itu maka dia memutuskan untuk pulang
sesampainya dirumah ditaruhlah burung itu dalam sangkar besi dan diciprat2inya air, tapi burung itu gak sadar juga
keesokan harinya ketika dia mau berangkat ke kantor diberinya air dalam wadah kecil dan roti dalam sangkar burung itu dipikirnya ‘nanti setelah burung itu sadar pasti dia sangat haus dan lapar’
dan dia berangkat kerja seperti biasa….
burung itu ternyata sadar juga
burung itu melihat sekitar dilihatnya ada air minum dan septong roti..
terus dia melihat sekelilingnya ternyata dia ada di dalam jeruji besi
dan burung itu berkata dalam hati sambil menangis…
‘Oh… Tuhan rupanya kemarin aku menabrak pengendara mobil pasti dia meninggal sehingga aku sekarang di penjara. Maafkan aku Tuhan aku tak sengaja…’

CERITA LUCU 7

Kejahatan Saat Tahun Baru
Hari ini adalah Tahun Baru dan hakim sedang dalam suasana hati yang gembira saat ia bertanya kepada tahanan,
“Anda dituntut karena tuduhan apa?”
“Melakukan belanja Tahun Baru terlalu awal”, jawab terdakwa.
“Itu bukan suatu pelanggaran”, kata hakim. “Seberapa awal anda melakukan belanja?”
“Sebelum toko dibuka Pak Hakim.”
“Lalu dimana letak salahnya Jaksa Penuntut???” tanya hakim itu
Jaksa Penuntut melongo dengan wajah tak percaya…

CERITA LUCU 8

Nama org Jepang sesuai dgn pekerjaan nya
Kuraba Sakumu : Pencopet
Sayabisa Urusi : Calo
Nikita Sukanari : Penari di tmpt hiburan
Samakami Sampepagi :Cewek di nightclub
Takasi Kamucoba : Sales door to door
Kitakasi Murasaja : Seorang pemilik toko
Yukasi Kitaterima : Kasir
Takada Gaji : Pengangguran
Aigaya Sanasini : Fotomodel
Kitabuka Kamupoto : Fotomodel bokep
Sukabawa Sayuri : Tukang sayur
Tyada Ruma : Gelandangan
Aisuka Susumu : Penjual pakaian dlm wnta
Kuobati Anumu : Dokter kelamin
Masimuda Masutipi : Artis cilik
Kusabuni Itunoda : Tukang cuci

CERITA LUCU 9

Istri vs Suami
Sepasang suami istri sedang berada dalam mobil, menyusuri jalan
dalam kota, dan saling mendiamkan karena beberapa menit lalu mereka
baru saja beradu argurmen. Tak lama, mereka melewati sebuah areal
persawahan di mana banyak terapat kambing dan sapi yang sedang
merumput. Si Suami menunjuk ke kawanan kambing dan sapi itu sambil
berkata sinis kepada si Istri,”Saudara – saudara mu ya tuh?”
“Iya, jawab si Istri,”Saudara ipar.”

*Istri cerdas

CERITA LUCU 10

DO’A INGIN NAIK GAJI

Edisi Infotainment:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada jauhkahlah gosipnya….

Edisi Pak Tarno:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada tolong dibantu ya….!! Binsalabim jadi apa Prokk… Prokk… Proookk…..

Edisi ngotot:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada tolong diadakan…Tolong Tuhan wujudkanlah….

Edisi Bang Haji Rhoma Irama:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada TERR…LAA….LLLUUUUU…….

Edisi Penipu:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada tolong isi pulsa Mama, Mama lagi dijalan…

Edisi SBY:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada saya hanya bisa prihatin…

Edisi Nawar:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada tolong jam kerjanya dikurangin….

Edisi Bondan ft Fade2Black:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada ya sudahalahhh….

Edisi OVJ:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, kalau tidak ada kita demo langsung ke Te…Kaa….Peee…….

Edisi Aa Gym:
Ya Tuhan, kalau ada kenaikan gaji segerakanlah, jagalah hati.. jangan kau nodai…

CERITA LUCU 11

PANJANG SEKALI….

Poltak anak Medan sedang kuliah di Jogya, ia kesengsem sama Sulastri, gadis manis asal Solo
suatu hari Poltak mengajak pacarnya Sulastri jalan2 kliling kota dengan motor RX-Kingnya
ditengah perjalanan mereka ngobrol, karena motor melaju cepat, sulastri mulai protes.
Sulastri: mas jangan kesusu….(jangan terlalu cepat)
Poltak diam saja karena dikiranya dia duduk terlalu dekat dengan Sulastri, makan dengan sopan Poltak bergeser maju sedikit ke depan agar gak terlalu dekat dengan dada Sulastri. namun motor tetap saja melaju kencang
Sulastri: maaasss….. jangan kesusu tho…!!!(dengan logat jawa kental)
Poltak masih diam. tapi duduknya makin maju sampai ke tangki motor.
Sulastri: Mas ini, mbok ya jangan kesusuuuu…..
Poltak hilang kesabarannya, badannya makin maju sampai mepet stang motor, dan keluarlah logat bataknya…
Poltak: bahhh…. panjang benar susu kau Lastriii….. heran abang…

CERITA LUCU 12

TUHAN HILANG

disuatu desa di daerah batak ada kakak beradik bernama ucok dan poltak. mereka terkenal bandel, saking bandelnya semua orang di desa selalu mengaitkan semua kejadian kriminal dengan mereka, mulai dari maling ayam hingga judi. ibu mereka pusing melihata kelakuan keduanya dan membawa mereka ke pendeta
dipanggilah mereka satu persatu mulai dari ucok
pendeta: cok, ibu kau sudah tua, gak kasian kau liat dia???
ucok diam, sambil ngupil tidak menjawab
pendeta bertanya dengan senyum “kau tau Tuhan dimana???”
ucok cuek…
pendetah masih sabar walau mulai kesal, sekali lagi dia bertanya ” ucok, kau tau Tuhan dimana????”
ucok mulai bingung dan menelan ludahnya dan menatap tajam ke arah pendeta
pendetapun mulai emosi, dengan suara keras dan membentak dia bertanya lagi “Tuhan ada dimana cokkk????!!!!”
ucok berteriak sambil lari keluar ketakutan “aku tidak tau”
di pintu keluar dia bertemu dengan poltak
poltak: kenapa kau cok??? pucat kali muka kau???? pak pendeta bilang apa??
ucok: gawat bang, Tuhan hilang!!!! pak pendeta pikir ktia yang curi!!!!

CERITA LUCU 13

Refleksi Tahun Baru

Gak ada gunanya klo ditahun depan kita cuma ngelakuin hal yang sama, so..cepet ambil kertas dan mulai catat apa aja yang belum kamu lakukan di tahun ini trus tempel di lemari;

Gak ada bedanya klo ditahun depan kita hanya jadi orang yang sama, so..segera telpon pimpinan kamu kemudian bilang,”Pak saya mau naek pangkat!”;

Gak ada bagusnya klo ditahun depan kita tetep menggunakan wajah yang sama
so…..cari segera dokter ahli operasi plastik dan bilang,”Dok,saya mau ganti wajah jadi Brad Pitt !

Gak ada enaknya klo ditahun depan kita hanya bertemu dan bergaul dengan orang-orang yang sama, so..segera bicara dengan istri kamu, “Dik,aku boleh kawin lagi kan?”

CERITA LUCU 14

BOM dan SERSAN

Cerita ini terjadi di sebuah gedung yg dipasangi BOM waktu. Seorang SERSAN bertugas
menjinakan BOM dgn dipandu via radio oleh
komandannya

”Kijang satu ke kijang dua. Bagaimana kondisi disana?? – Ganti” | ”Saya
didpn BOM yg akan meledak komandan, mohon
instruksi – Ganti”

”Tolong bersihkan area dulu sersan !” | ”Maksudnya, saya nyapu dan ngepel
dulu ya komandan? Mohon insruksi ! Ganti ”

”Bukaaan ! Semprul km ! Ambil radius beberapa mt dr pusat BOM lalu bersihkan area
tsb dr obyek yg bs membahayakan” | ”Siap
Komandan !! ”

*tak brp lama* ”Lapor Komandan, area sdh dibersihkan. Ganti” | ”Oke, skrg km
fokus ke BOM !! Brp menit waktu yg tersisa
sersan ?”

”Skrg menunjukan hitungan mundur 15:00:56 komandan !!” | ”Berarti km masih punya waktu 15 menit, Cepat buka tutup
BOMnya pake obeng !”

”Kalo saya buka nanti garansinya batal donk komandan?” | ”SEMPRUL KAMU !!
Emank barang elektronik pake garansi? Cepat
Bongkar !!” | ”SIAP”

”BOM sdh terbuka komandan sekarang ada bnyk kabel, mohon instruksi Ganti”|
”Skrg potong kabel yg terdekat ” | ”Siap,
Laksana…!”*prettt*

Tiba2 pembicaraan terpotong, kondisi markas Heboh dan komandanpun marah
marah sambil memaki kebodohan si sersan.

”Itu prajurit dr mana sih? Goblok dihabisin sendiri. Saya suruh potong kabel di BOM
itu, bukan kabel hedset yg nempel di badan dia !!

Lalu operator mengaktifkan komunikasi cadangan , begitu nyala terdengar suara
”kemana-kemana-kemana” ternyata lagunya
ayu tingting !!

Komandan dan anak buahnya di markas mendengarkan dgn geram. Akhirnya stelah
10detik SERSAN mengangkat jg dgn santai

”Panggilan dicopy, siap menerima instruksi ” | ”HEHH !! Itu tadi kamu apaan? Saya
panggil kok ada suara musik seperti itu HAHH ??

”Itu namanya RBT komandan, skrg kan udah biasa” | ” ini jalur militer sersan !!
jgn main2 kalo berhadapan dgn BOM, MENGERTI?” |
”SIAP”

Dimarkas, komandan liat buku nyari data tentang BOM jenis apa itu “Sersan ! Tlg
dicari dr mn asalnya yg tadi ! Saya tunggu
datanya !! ”

“Asalnya dr Depok komandan, nama penyanyinya Ayu Tingting ” | “Arghh… Saya
minta data BOMnya bukan RBT yg tadi” | “Oh maap
komandan ”

“BOM sudah dilokalisir, ada 4 kabel, minta instruksi” | ” skrg potong kabel hijau ” |
“siap” | “bgmn sersan? Sdh mati? ” | ” belum ”

“Tadi km ptong kabel warna apa?” | “Hijau komandan” | “ap gk salah potong km?” |”sumpah tadi sy ptong yg ijo, mungkin komandan yg salah”

” Monyong, udah salah pake ngeyel. Skrg tinggal kabel warna apa aj?” | “Merah, Hitam dan Hijau” | ” HAH ! Knp yg hijau masih ada?”

“Lah, yg hijau memang ada 2 komandan 1 hijau daun & 1 lg hijau langit” | ” o_0
NGACO !! Langit itu biru bkn hijau | tp dikampung
saya ijo

“KOPLAK !! Berarti yg km potong tadi yg ijo langit?” | ” ya komandan, siap menerima
instruksi ” | ” Dasar GOBLOK “*sambil geleng2
kepala”

Komandan ngomelin ajudannya “Bilangin Personalia, lain kali klo mau rekrut
anggota tanya dulu apa warna langit
dikampungnya”

Terdengar si SERSAN panik “Kondisi darurat ! BOM akan meledak, mohon instruksi” | ”
OK, ikuti kata2 saya ” | “SIAP”

“assyhadualla” | “ASSYHADUALLA” | “illa…” | “ILLA…” *sersan bingung* | “haillallah”| “HAILLALLAH”|”waassyhaduanna”|”WAASSYHADUANNA” | “muhammadarrosullullah” | “MUHAMMADARROSULLULLAH”
“*tambah bingung*”..?!?!?”

DUUUAAARRRRR !!! *TAMAT*

CERITA LUCU 15

Kepintaran seorang JONY

Polisi : Gimana kejadiannya, kamu menabrak 50 orang dalam suatu kecelakaan mobil!?
Jony : waktu ngendarain mobil, kecepatannya 95 km/jam. Waktu di pertigaan, baru nyadar kalo remnya blong, dibelokan kiri ada dua orang pria, sedangkan dikanan ada pesta ulang taun manula. Kalo bapak milih yang mana?
Polisi : mendingan ke kiri, korbannya bakalan lebih sedikit.
Jony : iya, saya juga mikir gitu pak!
Polisi : tapi kenapa orang yang sedang ngerayain ultah kena juga?
Jony : nah, masalahnya kan tadi saya milih nabrak dua orang pria yang dikiri. Eh, yang ketabrak cuman seorang, seorang lagi lari ke pesta ultah yang ada dikanan, ya udah..saya kejar sampe ke pesta ultah pak!
Polisi : :Huuuuhhhh Dasarrrrr Somplaxxxx

CERITA LUCU 16

Nyonya dan Inah ( Please Don’t Try this at home….)
Nyonya yang curiga suaminya main gila sama pembantunya membuat strategi untuk menjebak suaminya.
Nyonya : Inah sini kamu, malam ini saya akan tidur di tempat kamu? kamu tidur diatas di sofa ibu yah!
Inah : Yang bener nyah? (sambil garuk garuk kepala)
Nyonya : “Sudah kamu jangan banyak nanya, Tak Pecat kamu mau!?!?
Inah : ba…ba….ba..baik nyah
Nyoya : (dalam hatinya) “nanti malah saya jebak tuh suami gatel”
malam pun tiba rencana segera dilaksanan, si Inah naik keatas dan si Nyoya masuk kekamar inah, ditutup dengan kain dan mematikan lampu. Malam semakin larut dan benar ada seorang masuk dan dimulailah pertempuran.
“Kok punya suami gue kayanya lebih gede apa dia pake obat Cobra yah” pikir nyonya dalam hati. Tapi karena ia menikmatinya maka tertidurlah si nyonya
Akhirnya malam kedua pun rencana dilaksanakan, dan benar, ada seseorang masuk kembali menyelinap, si nyoya sudah siap dengaan jebakannya, pertempuran di kasur pun dimulai. Tapi lagi-lagi si nyonya tertidur karena begitu menikmati.
Di Pagi harinya si Nyonya memanggil Si Inah:
Nyonya: Inah nanti malam saya tidur di tempat kamu lagi yah? (sambil merayu)
Inah : Wah jangan nyah, nanti saya Durhaka!!
Nyonya : Durhaka kamu bilang!? emang kenapa?
Inah : Saya mau jujur nyah, malam pertama tuh yang masuk si Arta tukang kebun Nyoyah, malam kedua tuh yang masuk si Bahlul supir nyonya, nah nanti malam tuh giliran si………
Nyonya : (Sambil duduk lemas) siiiiapaa Nah???
Inah : ANAK NYONYAH …….?
Nyonya : APAAAAHHHHHH!!!!!!!

CERITA LUCU 17

” Mabuk ”

alkisah ada org yg tinggal d sisi kiri dan sisi kanan sungai, d sisi kiri pd makmur sedangkan d sisi kanan pd melarat. Krn kasian org kiri memberikan makanan, bensin dan menyebrangkan mobil ke sisi kanan. Org kanan yg menerima pemberian org kiri pun merasa senang sekali dan berpesta pora.
Kiri: “Oi, kanan gimana mkanan, bensin dan mobil yg ku kasih?”
Kanan: “Makasih ya, berkat pemberianmu kami berpesta pora. Tapi, emangnya km ada ngasih mobil?”
Org kiri pun bingung dan tersadar.
Kiri: “Bodo banget si luu, nyangkut tuh cepetan ambill.”
Org kanan menuju pun menuju tali penyebrangan
Kanan: “Sori deh, namanya nyangkut ya kita org ga sadar, Thanks ye”
Kiri: “Yoa, Bensinnya udah nyampe kan?”
Kanan: “oh, tnang ja. Dah nyampe dari tdi kok…. Ni lagi pesta sma makanan yg km kasih, gila pada mabuk ni orang”
Kiri: “woi, kanan, klian bleh melarat tp jangan bego dong…. Tu bensin buat mobil !!”
Org kanan kmdn mikir smbil ngangguk
Kanan: “oooooohhh, gitu?? Ternyata mobilnya mau ikutan mabuuuk sama kita2 disini”

CERITA LUCU 18

Seorang Suami dan Istrinya tengah menghadiri sidang perceraiannya. Dalam sidang akan memutuskan siapa yang mendapat hak asuh anak.

Sambil berteriak histeris dan melompat – lompat si istri berkata :
“Yang Mulia, Saya yang mengandung, melahirkan bayi itu ke dunia dengan kesakitan dan kesabaran saya!! ”
“Anak itu harus menjadi hak asuh Saya!!”

Hakim lalu berkata kepada pihak suami:
“Apa pembelaan anda terhadap tuntutan istri Anda”

Si Suami diam sebentar, dengan nada datar ia berkata :
“Yang mulia… Jika saya memasukkan KOIN ke mesin minuman Coca-Cola, mesinnya BERGOYANG SEBENTAR, dan minumannya keluar, Menurut Pak Hakim … Minumannya milik saya atau mesinnya?”

CERITA LUCU 19

ANAK SD PATAH HATI

Si Jun adalah anak SD kelas satu……selain juara di kelasnya, dia cukup ganteng juga lah. Dia punya satu teman sekolah namanya Clara….si Clara cantik dan manis.
Singkat cerita, si Jun jatuh hati sama si Clara…ternyata Clara juga punya hati ama si Jun.
Suatu hari, karena kagak tahan lagi si Jun berkatakepada si Clara, “Clara, kamu tahu aku suka kepadamu. Sayang kita masih kecil…..bila nanti kita udah dewasa, kita menikah ya…?!”

Dengan wajah yang memerah merona, si Clara menjawab “Jun, bukannya aku menolak….aku sih mau aja…Tapi dalam keluarga kami, kami hanya menikah sesama kerabat saja. Paman menikah dengan bibi, kakek menikah dengan nenek, dan bahkan papa menikah dengan mama……kita kan bukan kerabat aku Jun jadi gak bisa menikah kita besok.”

Mendengar jawaban si Clara, si Jun tidak masuk satu minggu karena patah hati….

CERITA LUCU 20

Seorang karyawan menghadap ke bosnya. Ia berkata dengan serius, “Bapak sebaiknya menaikkan gaji saya, sekarang juga.”
atasan ;Apa alasannya?” tanya si bos dengan sinis tanpa menoleh sedikit pun
karyawan;Perlu Bapak ketahui, sekarang ini sudah ada lima perusahaan besar dan bonafid yang sedang mengejar-ngejar saya.”
kali ini si atasan menoleh. Dengan penasaran ia bertanya, “Oh, ya? Perusahaan apa saja itu?” tanyanya dengan nada cemas
karyawan;Citibank, PAM, PLN, TELKOM, dan terakhir BTN.”
gguuuubrakkkkk….%^&(*^%^$%

UPDATE APRIL 2012
CERITA LUCU 21

Jangan Mencopet…
Ada seorang Arab nakal. Mendengar akhir-akhir ini para pencopet merajalela di bis-bis dan metromini, timbul ide kreatif untuk mengerjain pencopet-pencopet tersebut. Dia pergi ke terminal Pulogadung untuk naik bis jurusan Cengkareng, si Arab sengaja pakai celana yang tidak punya kantong belakang dan kantong sampingnya sengaja dia bolongin, dan khusus hari ini tanpa celana dalam.

Belum lama bis berangkat dari Pulogadung, seorang copet mendekati si Arab, kelihatan ada sesuatu yang berharga di kantong samping si Arab. Begitu ada kesempatan bagus, si pencopet memasukkan tangannya ke kantong samping si Arab, eh …. anunya si Arab kepegang.

Dengan santai si Arab menoleh ke si pencopet dan berkata: “Ente lepas ….. Ane teriak”. Terpaks si pencopet melakukan tugas baru sampai ke terminal Cengkareng…

CERITA LUCU 22

Di suatu pagi terlihat 2 orang cowok SMA lagi ngobrol di halte sambil nungguin bus.. Didepan mereka seorang cewek cantik dengan menggunakan rok mini dan sepatu pantopel
Jono : “brader lo lihat cewek didepan kita itu ga??
Paidjo : “ya lihat lah emangnya gw katarak??”
Jono : “bukan itu maksud gw! lo percaya ngga kalau cewek itu ngga pake celana dalam??”
Paidjo : “jiah mana gw tau, orang dia pake rok!! ngga kelihatan lah”
Jono : “tuh lihat aja sepatunya banyak ketombenya”

CERITA LUCU 23

CERITA HOROR

ini adalah kisah nyata mimn saat mau pergi ke luar kota pake Bis. saat malam itu datanglah seorang bapak tua yg menjualkan buku pada aku.

Pak Tua : Beli buku dek…??
aku: Buku Horor ada ngak Pak..??
pak tua : Ada den..nih… judulnya “Bis maut”
aku : Berapa harganya pak…??
Pak tua : 150.000 den…
aku: hah…mahal banget pak?? uang saya cuma 160.000 trus nanti masa nanti jalan kaki
pak tua: aduuuhh..den..ini buku best seler..langka den pokoknya seram deh

akhirnya aku beli buku itu…walau duit cuma 10.000 buat ntar nyambung angkot kerumah..aku bela”in beli nih buku

Pak tua: denn..saya pesan buat aden..nanti kalo dah selesai baca bukunya ..nanti halaman terakhir buku itu jangan di baca yah..soalnya terakhir org yg membaca halaman terakhir buku itu langsung meninggal jantungan..karena seramnya..!!!

aku : iya..pak..

lanjut deh aku baca buku itu, ternyata emang seram banget apalagi suasana dakam Bus sepi dan hari udah malam . dan malam jumat lagi…?? lagi bikin bulu kuduk merinding….dan akhirnya sampailah saya pada halaman akhir buku itu….

Aku penasaran dong..masa sih halaman terakhir ini lebih seram..padahal kan ceritanya udah hampir habis.akhirnya aku beranikan diri untuk membuka halaman terakhir buku itu

tertulislah dihalaman terakhir itu

Penerbit: Cv. Mandala Jaya
Judul Buku : Bis Maut
Kategori : Horor
Harga : Rp 15.000

Aku: somprett dahhh…%&%&^$^%*(*%^
harga buku cuma 15.000 gue beli 150.000
pantes ajah org terakhir yg beli nih buku kumat jantungnya di tipu ma tu Pak tua….

Aku: Grrrr…rrhhh (ayan kambuh…!!!)

CERITA LUCU 24

Seorang sopir pribadi sebuah keluarga mempunyai kebiasaan unik. Dia sering “bercinta” dengan pacarnya yang pembantu, si inem, yang pelayan seksi, di kolong mobil majikannya yang selalu diparkir di samping rumah.
Suatu malam, seperti biasa, dia sedang asyik indehoy dengan sang pembantu di kolong mobil. Baru 15 menit dia “kerja bakti”, ada orang yang menendang kakinya sambil berteriak,
“Parman, sedang apa kamu di situ?”
Si sopir yang bernama Parman sudah hafal betul itu suara majikan perempuannya. Dgn cuek dan mata tetap terpejam si Parman menyahut,
“Sedang betulin mobil, Nya”
Sekali lagi Parman ditendang kakinya, “Apa ? Sedang apa kamu!”
“Ya ampun, Nya! Saya lagi betulin mobil!” jawab Parman tetap konsen dengan kegiatannya.
Tapi lagi-lagi Parman ditendang kakinya. Kali ini sedikit lebih keras. “Kamu bilang lagi ngapain kamu !?”
“Astaga, Nyonya! Saya lagi betulin mobil!!!” Parman menyahut lebih keras nggak mau kalah.
Kata nyonya, “Betulin mobil yang mana ? Orang mobilnya udah dibawa ama bapak 5 menit yang lalu…..!”

CERITA LUCU 25

BIAR SAJA TUHAN LIHAT

si Bejo punya pohon mangga yang lagi berbuah lebat, karena takut dicuri dia menulis di papan ‘MESI GUA GAK LIHAT LU NGAMBIL, TAPI TUHAN LIHAT ELU…!!!!

besoknya si Bejo melihat buah mangganya ternyata sudah habis dicuri, dan si pencuri mengganti tulisan di papan yang di pasang si Bejo dengan tulisan ‘BIAR SAJA TUHAN LIHAT GUA, TAPI DIA GAK AKAN NGASIH TAU SAMA ORANG KIKIR MACAM LU…!!!

DMCA Protection on: http://www.lokerseni.web.id/2011/12/cerita-lucu-kumpulan-humor-lucu-banget.html#ixzz1rqc5V48V

Sampingan

Nomor : 25/PPT-g/III/2012 Magelang, 01 Maret 2012
Lampiran : 1 ( satu ) Bendel
Perihal : Permohonan Bantuan Dana LM3
Tembusan : Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Tengah
K e p a d a
Yth.Menteri Pertanian RI
c.q. Dirjen Peternakan
di

J A K A R T A
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr.Wb

Ba’da salam, semoga rahmat dan lindungan Allah selalu tercurahkan kepada kita semua, bersama ini kami sampaikan bahwa salah satu strategis yang di terapkan di Pondok Pesantren TIDAR dalam meningkatkan kesejahteraan santri, pengajar dan masyarakat adalah melalui pengembangan ekonomi.
Selanjutnya, kami Pengurus Pondok Pesantren TIDAR Kota Magelang bermaksud memohon bantuan dana dari Departemen Pertanian yang Bapak pimpin, dalam rangka untuk mengembangkan pengelolaan peternakan sapi potong, sehingga menambah sarana untuk lebih mengkoordinir kegiatan para santri, pengajar dan masyarakat sekitar Pondok untuk menumbuh kembangkan kegiatan usaha peternakan sapi potong, di lingkungan Pondok Pesantren TIDAR, yang sangat diharapkan keberadaannya.
Besar harapan kami, jika sekiranya program yang sedang dikembangkan di Pondok Pesantren TIDAR melalui LM3 (Lembaga Mandiri Yang Mengakar Di Masyarakat) ini mendapat perhatian dan bantuan pendanaan. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami sertakan :

1. Proposal Permohonan Bantuan Dana LM3
2. Susunan Pengurus Yayasan BADIK PONDOK TIDAR
3. Susunan Pengurus LM3 Pondok Pesantren Tidar
4. Akte Pendirian Yayasan
5. Foto- foto kegiatan santri dan masyarakat

Demikian permohonan ini kami sampaikan atas perhatian dan terkabulnya permohonan bantuan kam ini,kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Ketua LM3 Pondok Pesantren Tidar

(Hj. Mulyati)
Mengetahui,

Pengasuh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan
Pondok Pesantren TIDAR Dan Perikanan Kota Magelang

(Al – Ustadz Bahrudin) (Ir. Bambang Sartono)
PEMBINA UTAMA MUDA
NIP : 19550808 198703 1 004

PROPOSAL
PERMOHONAN PENDANAAN PENGEMBANGAN EKONOMI
PONDOK PESANTREN TIDAR
I. Pendahuluan
Latar Belakang.
Pemulihan kembali pembangunan dengan menggerakan ekonomi Pondok Pesanten TIDAR dengan melakukan pengembangan usaha kecil dan menengah, menciptakan lapangan kerja, untuk meningkatkan potensi dari para santri, pengajar dan masyarakat..
Dengan memperluas atau menciptakan lapangan kerja baru di Pondok Pesantren TIDAR dapat meningkatkan kesejahteraan santri, pengajar dan masyarakat. Maka berorientasi pada sektor peternakan, pertanian, perikanan, dan usaha kecil lainnya, dan akan dikelola secara profesional sehingga bisa meningkatkan produktifitasnya. Usaha tersebut merupakan sebuah usaha alternatif yang memiliki prospek usaha yang cerah dan cocok untuk dikembangkan di perkotaan juga. Hal ini bisa dirasakan dengan semakin banyaknya konsumen akan kebutuhan barang – barang dari hasil tersebut diatas.
Berdasarkan hal tersebut diatas, Pondok Pesantren TIDAR melelui strategi pemberdayaan santri dan pengajar juga masyarakat berusaha mewujudkan kemandirian santri dan pengajar.

Kondisi Pondok Pesantren TIDAR
Pondok Pesantren TIDAR adalah salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Magelang yang telah dipercaya untuk menyelenggarakan program wajib belajar sembilan tahun. Pondok Pesanten TIDAR yang didirikan pada tanggal 12 Desember 1983 oleh Bapak K.H Musyarofi Zarkasyi dan telah diwakafkan untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran umat Islam. Dari sejak berdirinya Pondok hingga saat ini Pondok TIDAR masih terus mengadakan perbaikan secara bertahap, baik dalam pengembangan sistem pendidikan (pembinaan santri-santri) maupun dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Pondok Pesantren TIDAR mempunyai daerah binaan di beberapa kelurahan dan kecamatan. Salah satu bidang pembinaan di Pondok ini adalah bidang ekonomi, mempunyai agenda meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian santri, pengajar dan masyarakat yang dibina.
Diharapkan nantinya supaya para santri, pengajar dan masayrakat yang dibina berakhlak mulia serta memiliki tabungan usaha dari hasil pengembangan ekonomi.

II. TUJUAN DAN SASARAN
a. Tujuan
1. Menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan bagi pengelola dan para anggota binaan.
2. Melatih kemandirian santri dan pengajar
3. Membuka lapangan kerja alternatif untuk masyarakat
4. Meningkatkan kesejahteraan santri dan pengajar
b. Kelompok sasaran
1. Pengelola bidang ekonomi
2. Kelompok tani binaan
3. Santri dan pengajar

III. POTENSI PONDOK PESANTREN TIDAR
a. Potensi lingkungan
Kota Magelang yang merupakan kota jasa sering kali jadi tujuan para pedagang dan pembeli dari berbagai kota yang mengitari kota Magelang, begitu juga dengan para pedagang yang mencari sapi, ikan, ayam dan sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainya, karena letak Magelang yang strategis sering dijadikan tujuan utama untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan masyarakat.
b. Potensi Sumber Daya Manusia (SDM)
Kesungguhan santri dan pengajar juga masyaraakat dibawah binaan Pondok Pesantren TIDAR untuk merubah keadaan ekonominya merupakan modal dasar yang sangat kuat.
Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di pondok, terus dikembangkan dengan beberapa kegiatan di berbagai bidang, diantaranya :
1. Bidang Pendidikan Pondok
a. Pendidikan Formal
1. Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal AL- Kautsar
2. Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al- Kautsar
3. Taman Pendidikan Al- Qur’an Al- Kautsar
4. Taman Qiro’atil Qur’an AL- Kautsar
5. Kulliyatul Mu’allimn Al- Islami
6. Wajar Dikdas tingkat Ula
7. Wajar Dikdas tingkat Wustho
b. Bidang kegiatan ekstra kurikuler dan non formal
1. Latihan berpidato (Bahasa Daerah, Indonesia, Arab dan Inggris)
2. Praktek percakapan berbahasa Arab dan Inggris
3. Olahraga
4. Tadabur Alam
5. Latihan pendampingan Madyarakat
6. Praktek pertanian dan peternakan
7. Praktek Perikanan
8. Praktek pembuatan batu bata
9. Kursus menjahit
10. Kursus komputer.

2. Bidang Kemasyarakatan :
1. Menyelenggarakan majlis Ta’lim Yasinan remaja
2. Menyelenggarakan Majlis Ta’lim Yasinan Ibu-ibu Al- Kautsar
3. Kuliah Subuh Ahad pagi dan Kamis malam Pengajian Slapanan Al-Kautsar
4. Pengiriman Khotib Jum’at dan hari Raya di masjid-masjid daerah binaan.
5. Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga dan dinas-dinas lain dalam bidang ekonomi dan pertanian.

3. Bidang Pertanian
1. Penanaman umbi-umbian, tanaman buah-buahan
2. Pertanian holtikultural.
3. Pemeliharaan ikan
4. Peternakan sapi
5. Peternakan Kambing
6. Peternakan Unggas

4. Bidang Non Pertanian
1. Unit Simpan Pinjam (USP)
2. Koperasi Pondok Pesantren TIDAR (pesat)
3. Pembuatan batu bata
4. Penanaman pohon jati, mahoni, sengon besiar dan kelapa.

c. Kios Favourite di jalan Beringin Kota Magelang.

d. Potensi Pendukung
Bangunan yang seluas 1000 m2 yang berdiri pada lahan 15.000 m2 yang memiliki air yang melimpah sepanjang tahun dan rumput yang menghijau telah mampu mengadakan kegiatan peternakan dan perikanan juga pembibitan tanaman, holtikultural, ternak sapi, kambing, dan budidaya ikan.
Berdasarkan pengalaman dan potensi yang ada maka pengembangan usaha merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak pondok dalam rangka memanfaatkan potensi yang ada dapat memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan seluruh komponen yang berada di Pondok. Ketersediaan sumber daya air dan letak lokasi pengembangan ekonomi yang berada di samping jalan utama Semarang-Jogja merupakan investasi awal yang baik, sehingga kegiatan usaha pengembangan ekonomi pondok dan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

IV. Permasalahan
Permasalahan yang sedang dihadapi dalam upaya pengembangan ekonomi ini adalah masalah permodalan, sedangkan permodalan yang kami butuhkan untuk mengembangkan unit-unit usaha peternakan tersebut sebesar Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)

V. Pemecahan Masalah
Sektor ekonomi santri, pengajar dan masyarakat adalah Potensi yang tergambarkan di atas merupakan modal dasar untuk usaha pengembangan unit-unit usaha di Pondok Pesantren Tidar. Permasalahan yang ada adalah persoalan permodalan, untuk itu dalam upaya mengembangkan ekonomi di Pondok Pesantren TIDAR binaan Departemen Agama dan Dinas Pertanian Kota Magelang dibutuhkan modal untuk :
Pengembangan pengolahan hasil pertanian.

VI.PENUTUP
Mengingat perlunya peningkatan kesejahteraan santri, pengajar dan masyarakat di Pondok Pesantren TIDAR maka program pengembangan ekonomi ini sangat diharapkan dukungan dana dari pemerintah. Demikian proposal ini kami buat semoga dapat memberikan manfaat dan atas terkabulnya permohonan kami, kami ucapkan banyak terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Ketua

(Hj. Mulyati)

RINCIAN ANGGARAN KEBUTUHAN DANA PETERNAKAN SAPI PEDAGING
DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

A.KEBUTUHAN DANA YANG DI AJUKAN
No Kegiatan Peternakan Sapi Jumlah Unit Jumlah Biaya (Rp)
Sarana Produksi

1 Harga bakalan daging hidup: Rp.25.000 x 350 Kg x 20 ekor
20 ekor
175.000.000,00

2 Kandang kapasitas 20 ekor
Sistem ikat (Tail to tail) 2 paket 67.000.000,00
3 Pakan
Rp.10.000 x 20 ekor x 30 hari 6 bulan 36.000.000,00

Modal Kerja

4 Tenaga
Rp.3.000 x 20 ekor x 30 hari
6 bulan
10.800.000,00
5 Obat-obatan (6 % dari total pakan)
6 % x Rp 36.000.000 1 paket 2.160.000,00
6 Pengolahan
Pupuk organik 6 Bulan 600.000,00
7 Penguatan kelembagaan 6 bulan 3.000.000,00
Pendampingan dan pelaporan
8 Transport silaturahim 1 OP 1.000.000,00
9 Operrasional pendamping (Transport dan kesehatan) 6 bulan 3.000.000,00
10 Penyusunan pelaporan 6 bulan 1.000.000,00
11 Seperangkat komputer + internet 1 paket 10.000.000,00
Total kebutuhan A 309.560.000,00

B. DANA SWADAYA LM 3 BERUPA ( 5 ekor sapi, ladang rumput dll)

CASH FLOW / keuntungan selama enam bulan dari program penggemukan sapi pedaging ;
Hasil pnjualan selama 1 tahun adalah :
Berat sapi setelah di pelihara selama 6 bulan dengan kenaikan berat badan rata-rata 1 hari = 0,5kg
Berat sapi 1 ekor rata-rata : 350 kg + 90 kg = 440 kg
Harga daging sapi 1 kg = Rp 25.000
Maka harga penjualan 1 ekor sapi : 440 x Rp. 25.000,00 = Rp 11.000.000,00
20 ekor sapi ; 20 x Rp. 11.000.000,00 = Rp220.000.000,00
Dalam 1 tahun ; 2 x Rp. 220.000.000,00 = Rp 440.000.000,00

Jadi keuntungan pemeliharaan sapi selama 1 tahun adalah

Penjualan 2 kali = Rp 440.000.000,00
Modal usaha = Rp 309.560.000,00
Rp. 130.440.000,00

Ketua

(Hj. Mulyati)

SUSUNAN PENGURUS YAYASAN
PONDOK PESANTREN TIDAR
PEMBINA :
1. Hj. Mulyati Musyarofi Kota Magelang 08562864511
2. H. M. Thoyib Kota Magelang
3. KH. Abdul Aziz Asyhuri Kab Magelang 08157935222
4. HM. Faiq Hafidz Semarang 08886568900/02470388371
5. Abd. Aziz Baswedan Semarang 02470107676/08122840712

PENGAWAS :
1. Drs. Hajudin Alwi Kota Magelang 081328009421
2. Zainul Abidin Semarang 02470029738
3. Rokky Setiawan Semarang
4. Najib Jonatan Semarang 081325880422
5. Faiz Hamam Kab Magelang 081804115857

KETUA :
1. Iskandar Sabas Semarang 02470595033/081390075099
2. Bahruddin Kota Magelang 08562853754
3. M Dzaky Zamani Kota Magelang +923335695982

SEKRETARIS :
1. Gatot Wardoyo Kota Magelang 081121088611
2. Sholahudin Semarang 08156675636

BENDAHARA :
1. H. Mashuri Semarang 02470397138/081326427657
2. Lana Rachmawati A Kota Magelang 081916777601

PENDIDIKAN :
1. Suryadi Kab Magelang 081328843954
2. Lily Choiri Kota Magelang 081328009421

HUMAS :
1. Ngatman Kota Magelang
2. Abdul Rosyid Kota Magelang 085868341000

PERSONALIA :
1. Totok Wasis Wibowo Semarang 0812272819
2. Yusuf Khoirudin Semarang
SUSUNAN PENGURUS LM3
PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

Ketua I : Hj. Mulyati Musyarofi
Ketua II : Bahrudin
Sekretaris I : Trubus Abdul Latif
Sekretaris II : Lana Rachmawati Al-Khusna
Bendahara I : Isniati Fatimah
Bendahara II : Rahmat Ridhollah
Anggota : Nur Hadi Salim
Abdurrahman
Rohmad Husain Al Habsy
Warsono
Nur Habib el Rahman

proposal LM3

20 Kasus Terkonyol Dari Berbagai Belahan Dunia

20 Kasus Terkonyol Dari Berbagai Belahan Dunia
1. Rumah Hangus Terbakar
Seorang wanita dari Tenesse yang kesal setelah memergoki suaminya tertidur dengan rokok ditangannya masih menyala sehingga melubangi kasurnya, meninggalkan sebatang rokok yang juga masih menyala di tempat yang sama hanya untuk “Memberitahukan pada suaminya apa akibatnya bila tertidur di kasur dengan rokok yang masih menyala!’ Alhasil, rumahnya pun ikut habis terbakar ….. (konyol sekali)
2. Si Jago Ngeles
Remo Jalosjos, seorang anggota kongres di Filipina divonis 173 tahun penjara atas tuduhan pemerkosaan berulang pada seorang anak berusia 11 tahun. Seperti apa hidupnya dipenjara?
Ia punya beberapa kamar sendiri, lengkap dengan tv, dapur, kamar mandi pribadi lengkap dengan pemanas air, dll. Ia bukan cuma menjual makanan ke rekan-rekan sepenjara, di kiosnya juga menyewakan lapangan tenis yang baru dibangunnya itu.
Ketika dikritik soal bagaimana ia mendapatkan perlakuan istimewa, ia ngotot bahwa itu salah pemerintah yang tidak sanggup memberikan perlakuan yang sama kepada para napi lainnya. (jago nih ngelesnya)
3. Airport yang Belum Pernah Dikunjungi Satupun Maskapai Penerbangan
St. Clair County, Illinois, telah menghabiskan dana $330 juta dollar untuk membangun sebuah airport yang ternyata selama setahun tidak pernah disinggahi satu pesawat pun, baik maskapai maupun pribadi, beroperasi 12 jam perhari dengan 27 pekerja, ditambah full team pemadam kebakaran dan maintenances, lucunya biaya renovasi sebesar $2.5 juta masih saja di approve meskipun sampai saat ini belum ada satupun maskapai bersedia menggunakan airport tersebut.
4. Dinamit yang meledak di dalam mobil karena iseng
Paul Stiller, 47, dan istrinya sama-sama dirawat di Andover Township, New Jersey, bulan September lalu, keduanya menderita luka yang cukup parah sebagai akibat dinamit sebesar 1/4 stik yang meledak di mobilnya.
Kejadian itu berawal ketika di jalan, pasangan yang didera kebosanan itu iseng-iseng membakar dinamit tersebut dan melemparkan ke luar jendela mobilnya untuk menghapus jenuh. Sayangnya mereka lupa membuka kaca jendelanya.
5. Memanasi tangki bensin yang membeku dengan korek api
Seorang pengemudi Truk di Turki, Nazim Canturkas, menyalakan korek untuk memanasi tanki bensinnya yang beku. Dan akhirnya ‘boom’ meledaklah tangki bensinnya.
6. Tersangka yang salah ucap, hingga akhirnya dipenjara
Oklahoma City, Dennis Newton (47), sedang menjalani sidang atas tuduhan perampokan bersenjata pada sebuah toko, sebenarnya saat itu ia sedang di atas angin, sampai ketika manajer toko itu bersaksi bahwa memang Newton lah pelaku perampokan itu.
Newton marah besar dan langsung menghampiri manajer itu dan berteriak “seharusnya ku tembak saja kepalamu waktu itu !!!”, seketika semua yang hadir terdiam.
“Ee… maksudnya seandainya memang waktu itu aku yang merampok…”, Newton meralat ucapannya… tapi gara-gara itu juri dan hakim jadi yakin kalau ia memang bersalah. Hasilnya 30 tahun penjara buat Newton.
7. Malu mengaku sedang kesasar, berakhir di tahanan
Di Baltimore, Maryland, seorang wanita kesasar sampai Syracuse, New York setelah lama mengemudikan mobilnya. Malu untuk mengaku kesasar dan tidak tahu jalan pulang, ketika melihat seorang polisi, ia mengaku bahwa ia baru saja diculik oleh seseorang bersenjata api di Baltimore.
Gara-gara pengakuannya ini, terjadilah operasi pengejaran yang melibatkan 5 kesatuan dari beberapa negara bagian. Sampai akhirnya diketahui penyebab sebenarnya, wanita tersebut ditahan dan hanya diperbolehkan pulang bila suaminya yang menjemput dan hanya suaminya juga yang boleh menyetir mobilnya.
8. Buronan yang akhirnya tertangkap karena rasa ingin tahunya
Detroit: R.C. Gaitlan, 21, mendekati 2 petugas yang sedang mendemonstrasikan ‘Squad car computer felon-location equipment’ kepada anak-anak di lingkungan Detroit.
Ketika ia menanyakan bagaimana cara kerja mesin itu, petugas meminta ID-nya, Gaitlan kemudian memberikan SIM-nya, petugas tersebut kemudian memasukkan nomor ID Gaitlan yang kemudian serta merta ditangkap dan di lumpuhkan saat itu juga, kenapa?
Karena ternyata di komputer petugas itu muncul nama Gaitlan sebagai DPO (wanted) tersangka perampokan bersenjata 2 tahun yang lalu.
9. Merasa otaknya dicuri, seorang laki-laki mengebor otaknya
Di Ohio, seorang yang tidak jelas identitasnya berusia menjelang 30-an mendatangi kantor polisi dengan kawat sepanjang 9 inchi keluar dari jidat-nya.
Dengan tenangnya, laki-laki itu meminta petugas untuk mencoba me-rontgent-nya untuk menemukan otaknya yang menurutnya hilang dicuri.
Tterkaget-kaget petugas itu, terlebih ketika ia mengetahui bahwa laki-laki tersebut telah mengebor kepalanya sedalam 6 inchi menembus tengkoraknya dengan sebuah power drill dan memasukkan kawat yang ada di jidatnya itu hanya untuk mencari otaknya yang menurutnya hilang tersebut.
10. Ranjau Anti Tank meledak akibat main jepit-jepitan kaki
Di Phnom Penh restaurant, 3 warga Kamboja meninggal setelah bermain “footsies” (jepit-jepitan kaki) dibawah meja makannya dengan sebuah ranjau anti tank yang gagal meledak yang mereka temukan. Seluruh pengunjung restaurant berhamburan keluar ketika mengetahui apa yg mereka lakukan.
11. Latihan perang di tengah kota
Di tahun 1999, sebuah kota kecil di Kingsville, Texas, geger ketika di tengah malam tiba-tiba kotanya di serbu 800-an tentara dengan seragam camouflage dan 8 helikopter.
Tembak-tembakan terjadi, bomb diledakkan, sebuah pabrik dan bekas kantor polisi hancur berantakan, tak satupun petugas 911 yang bisa menjelaskan kejadian tesebut.
Sampai pada akhirnya seorang pejabat militer meminta maaf karena lupa memberitahukan soal rencana latihan perang ‘urban gorilla’ dan meminta maaf atas hancurnya 2 gedung sebagai akibat salah sasaran.
12. Perampokan bank yang gagal total
Modesto, CA, Steven Richard King ditahan atas usahanya merampok sebuah cabang Bank of America tanpa senjata, ia menggunakan jarinya yang disembunyikan dibalik bajunya untuk mengecoh pegawai bank, sampai akhirnya rencananya tersebut gagal setelah tanpa sengaja ia mengeluarkan tangannya dari jaketnya.
13. Taruhan yang membawa maut
Sylvester Briddell, Jr., 26, tewas Februari lalu di Selbyville, Delaware, setelah memenangkan taruhan dengan teman-temannya. Bahan taruhannya, “Beranikah Briddell menarik trigger revolver berisikan 4 peluru yang teracung ke mulutnya?”
14. Perampok yang serakah
Seorang perampok di Topeka, mendatangi Kansas Kwik Shop, dan meminta semua uang yang ada di mesin kasir, yang ternyata isinya terlalu sedikit untuknya, merasa kurang, ia pun mengikat penjaga toko tersebut dan menyamar sebagai kasir selama kurang lebih 3 jam dengan maksud siapa tahu jumlah rampokannya bisa bertambah
Alih-alih bertambah, justru malah polisi yang kebetulan singgah dan kemudian mengetahui penyamarannya langsung menangkapnya saat itu juga.
15. Pemecatan yang membawa berkah
AT&T memecat President John Walter setelah 9 bulan menduduki jabatannya dengan alasan kurangnya “intellectual leadership”. John Walter menerima pesangon sebesar $26 juta atas pemecatannya tersebut. (Sebenernya yang Intellegence-nya kurang tuh siapa ya disini ???)
16. Detective yang beruntung
Polisi Los Angeles beruntung sekali saat itu. Ketika para tersangka perampokan dibariskan untuk identifikasi wajah, salah satu tersangkanya tidak dapat mengontrol mulutnya.
Detective menanyai satu persatu tersangka tersebut, dan kemudian menirukan kata-kata perampok yang sedang dicari-cari itu.
“Berikan semua uangmu, atau kutembak !!!”
Tiba-tiba salah satu tersangka tersebut berteriak dengan ngototnya, “Hey, aku tidak berakata seperti itu!” Selesailah tugas detective itu.
17. Perampok yang aneh
Seorang laki-laki dari Illinois, berpura-pura memiliki senjata, menculik seorang pengendara motor dan memaksanya pergi ke 2 mesin ATM yang berbeda untuk mengambil uang dari rekeningnya sendiri !!!
(Ini memang mau merampok atau malu karena tidak bisa menggunakan ATM ya ???)
18. Maksud hati mau ‘berkorban’ demi pacar, akhirnya malah dijadikan korban beneran
Seorang anak laki-laki berusia 19 tahun dari Sheffield Lake, Ohio, mencuri kartu kredit ibunya untuk membayar operasi payudara pacarnya. Sialnya, pacarnya tersebut langsung memutuskannya setelah operasi tersebut dan anak laki-laki tadi kini menjalani 18 bulan masa tahanannya.
19. Maksud hati menuntut, malah berakhir dengan tuntutan
Christopher Jansen, seorang terdakwa kepemilikan senjata yang menuntut balik polisi yang menggeledahnya karena tidak ditemukan bukti, sedang menjalani proses peradilannya Maret lalu di Pontiac, Michigan.
Ia ngotot bahwa petugas telah menggeledahnya tanpa surat perintah. Jaksa penuntut juga ngotot, petugas tidak perlu surat untuk menggeledah, karena Jansen terlihat membawa benda mencurigakan di dalam jaketnya, “bisa jadi itu pistol atau apa” katanya.
“Nonsense” kata jansen, yang kebetulan mengenakan jaket yang sama, kemudian ia pun menunjukkannya pada sang hakim, bodohnya, ketika ia memberikan jaketnya pada sang hakim, ia tidak memeriksa terlebih dahulu isi kantungnya.
Ketika sang hakim memeriksa jaketnya, ia tertawa terpingkal-pingkal, tau kenapa? Karena ternyata di kantung jaket si Jansen itu ia menemukan sepaket cocaine, jadi lebih berat lagi deh hukumannya.
20. Mau membunuh Kaki Seribu kok pakai senjata kaliber-22
Guthrie, Oklahoma, October lalu, Jason Heck berniat membunuh seekor kaki seribu dengan senapan kaliber 22-nya, meleset, pelurunya mengenai batu dan mental sehingga mengenai kepala temannya, Antonio Martinez yang kemudian mengalami retak di tengkorak kepalanya.

Sumber :
populerkan.com

PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN

PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN

Muhammad Dahlan dididik dalam lingkungan pesantren sejak kecil yang mengajarinya pengetahuan agama dan bahasa Arab. la menunaikan ibadah haji ketika berusia 15 tahun (1883), lalu dilanjutkan dengan menuntut ilmu agama dan bahasa Arab di Mekkah selama lima tahun. Di sinilah ia berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran pembaharu dalam dunia Islam, seperti Muhammad Abduh, al-Afghani, Rasyid Ridha, dan Ibn Taimiyah. Buah pemikiran tokoh-tokoh Islam ini mempunyai pengaruh yang besar pada Darwisy. Jiwa dan pemikirannya penuh disemangati oleh aliran pembaharuan ini yang kelak kemudian hari menampilkan eorak keagamaan yang sarna, yaitu melalui Muhammadiyah, yang bertujuan untuk memperbaharui pemahaman keagamaan (keislaman) di sebagian besar dunia Islam saat itu yang masih bersifat ortodoks (kolot).
Riwayat Hidup Ahmad Dahlan
Ahmad Dahlan lahir di Kauman (Yogyakarta) pada tahun 1968 dan meninggal pada tanggal 25 Februari 1921. Ia berasal dari keluarga yang didaktis dan terkenal alim dalam ilmu agama. Ayahnya bernama K.H. Abu Bakar, seorang imam dan khatib masjid besar KratonYogyakarta. Sementara ibunya bernama Siti Aminah, putri K.H. Ibrahim yang pernah menjabat sebagai penghulu di Kraton Yogyakarta.
Ia adalah putra keempat dari tujuh bersaudara, yaitu Katib Harum, Mukhsin atau Nur, Haji Shaleh, Ahmad Dahlan, ’Abd Al-Rahim, Muhammad Pakin dan Basir.
Semenjak kecil, Dahlan diasuh dan dididik sebagai putera kiyai. Pendidikan dasarnya dimulai dengan belajar membaca, menulis, mengaji Al-Qur’an, dan kitab-kitab agama. Pendidikan ini diperoleh langsung dari ayahnya. Menjelang dewasa, ia mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama kepada beberapa ulama besar waktu itu. Diantaranya ia K.H. Muhammad Saleh (ilmu fiqh), K.H. Muhsin (ilmu nahwu), K.H. R. Dahlan (ilmu falak), K.H. Mahfudz dan Syekh Khayyat Sattokh (ilmu hadis), Syekh Amin dan Sayyid Bakri (qira’at Al-Qur’an), serta beberapa guru lainya. Dengan data ini, tak heran jika dalam usia relatif muda, ia telah mampu menguasai berbagai disiplin ilmu keislaman. Ketajaman intelektualitasnya yang tinggi membuat Dahlan selalui merasa tidak puas dengan ilmu yang telah dipelajarinya dan terus berupaya untuk lebih mendalaminya.
Selelah beberapa waktu belajar dengan sejumlah guru, pada tahun 1890 Dahlan berangkat ke Mekkah untuk melanjutkan studinya dan bermukim di sana selama setahun. Merasa tidak puas dengan hasil kunjungannya yang pertama, maka pada tahun 1903, ia. berangkat lagi ke Mekkah dan menetap selama dua tahun. Ketika mukim yang kedua kali ini, ia banyak bertemu dan melakukan muzakkarah dengan sejumlah ulama Indonesia yang bermukim di Mekkah. Di antara ulama tersebut adalah; Syekh Muhammad Khatib al-Minangkabawi, Kiyai Nawawi al-Banteni, Kiyai Mas Abdullah, dan Kiyai Faqih Kembang. Pada saat itu pula, Dahlan mulai berkenalan dengan ide-ide pembaharuan yang dilakukan melalui penganalisaan kitab-kitab yang dikarang oleh reformer Islam, seperti Ibn Taimiyah, Ibn Qoyyim al-Jauziyah, Muhammad bin Abd al-Wahab, Jamal-al-Din al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, dan lain sebagainya.
Melalui kitab-kitab yang dikarang oleh reformer Islam, telah membuka wawasan Dahlan tentang Universalitas Islam. Ide-ide tentang reinterpretasi Islam dengan gagasan kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah mendapat perhatian khusus Dahlan saat itu.
Sekembalinya dari Mekkah, ia mengganti namanya menjadi Haji Ahmad Dahlan, yang diambil dari nama seorang mufti yang terkenal dari Mazhab Syafi’i di Mekkah, yaitu Ahmad b. Zaini Dahlan. Ia membantu ayahnya mengajar pengajian anak -anak. Keadaan ini telah menyababkan pengaruh Ahmad Dahlan semakin luas di masyarakat sehingga ia diberi gelar “Kiai.” Sebagai seorang kiai, ia dikategorikan sebagai ngulomo (ulama) atau intelektual.
Tidak berapa lama dan kepulangannya ke tanah air, K.H. Ahmad Dahlan menikah dengan Walidah b. Kiai Pcnghulu Haji Fadhil (terkenal dengan Nyai Ahmad Dahlan) yang mendampinginya sampai akhir hayat.
Dari perkawinannya dengan Siti Walidah, K.H. Ahmad Dahlan mendapat enam orang anak yaitu, Djohanah, Siradj Dahlan, Siti Busyro, Irfan Dahlan, Siti Aisyah, Siti Zaharah.
Menurut cacatan sejarah, sebelumnya K.H. Ahmad Dahlan pernah kawin dengan Nyai ‘Abd Allah, janda dari H. ‘Abd Allah. Ia juga pernah kawin dengan Nyai Rumu (bibi Prof. A. Kahar Muzakkir) adik pebghulu ajengan penghulu Cianjur. Dan konon, ia juga pernah kawin dengan Nyai Solekhah, putrid Kanjeng Penghulu M. Syafi’i adik Kiai Yasin Paku Alam Yogya.
Semenjak ayahnya wafat, K.H. Ahmad Dahlan diangkat sebagai pengganti ayahnya menjadi ketib Mesjid Agung Kauman Yogyakarta, karena dianggap memiliki persyaratan yang secara konvensional disepakti dikalangan masyarakat. Setelah menjadi abdi dalem, oleh teman seprofesinya dan para kiai, K.H. Ahmad Dahlan diberi gelar Ketib Amin (khatib yang dapat dipercaya). Disamping jabatan resmi itu, ia juga berdagang tekstil ke Surabaya, Jakarta bahkan sampai ke tanah seberang (Medan). Kendatipun sibuk dengan urusan bisnis, ia tetap menambah ilmu dengan mendatangi ulama serta memperhatikan keadaan umat Islam ditempat yang ia singgahi. Sampai kemudian K.H. Ahmad Dahlan meninggal duni pada tanggal 25 Februari 1923 M./7 Rajab 1340 H. di Kauman Yogyakarta, dalam usia 55 tahun.
Pemikiran Ahmad Dahlan
1. Ide pembaharuan K.H. Ahmad Dahlan mulai disosialisasikan ketika menjabat khatib di Masjid Agung Kesultanan. Salah satunya adalah menggarisi lantai Masjid Besar dengan penggaris miring 241/2 derajat ke Utara. Menurut ilmu hisab yang ia pelajari, arah Kiblat tidak lurus ke Barat seperti arah masjid di Jawa pada umumnya, tapi miring sedikit 241/2 derajat. Perbuatan ini ditentang olen masyarakat, bahkan Kanjeng Kiai Penghulu memerintahkan untuk menghapusnya. Lalu ia membangun Langgar sendiri di miringkan arah Utara 241/2 derajat, lagi-lagi Kanjeng Kiai Penghulu turun ¬tangan dengan memerintahkan untuk merobohkannya. K.H. Ahmad Dahlan hampir putus asa karena peristiwa-peristiwa tersebut sehingga ia ingin meninggalkan kota kelahirannya. Tetapi saudaranya menghalangi maksudnya dengan membangunkan langgar yang lain dengan jaminan bahwa ia dapat mengajarkan pengetahuan agama sesuai dengan apa yang diyakininya. Peristiwa demi peristiwa tersebut rupanya menjadi cikal-bakal pergulatan antara pikiran-pikiran baru yang dipelopori oleh K.H. Ahmad Dahlan dengan pikiran-pikiran yang sudah mentradisi.
2. Memang tidak mudah bagi K.H. Ahmad Dahlan untuk menyosialisasikan ide pembaharuannya yang dibawa dari Timur Tengah. Di samping karena masyarakat belum siap dengan sesuatu yang dianggap “berbeda” dari tradisi yang ada, juga karena ia belum punya wadah untuk menyosialisasikan tersebut. Kegagalan Ahmad Dahlan mengubah arah Kiblat, tidak menyurutkan nyalinya untuk tetap memperjuangkan apa yang diyakini.
Sesudah peristiwa itu, pada tahun 1903 M. atas biaya Sultan Hamengkubuwono VII, K.H. Ahmad Dahlan dikirim ke Mekkah untuk mempelajari masalah Kiblat lebih mendalam dan menunaikan ibadah haji yang ke dua kalinya. Di sana ia menetap selama dua tahun. Bahkan ia pernah mengunjungi observatorium di Lembang untuk menanyakan cara menetapkan Kiblat dan permulaan serta akhir bulan Ramadhan. Perjuangannya ini cukup berhasil ketika pada tahun 1920-an masjid-masjid di Jawa Barat banyak yang di bangun dengan arah Kiblat ke Barat ¬laut. Dan menurut catatan sejarah, Sultan sebagai pemegang otoritas tertinggi, menerima penentuan jatuhnya hari Raya ‘Idul Fitri, yang pada mulanya ditetapkan oleh Kesultanan berdasarkan perhitungan (petungan) Aboge.
3. Terobosan dan Strategi Ahmad Dahlan
Ketika berusia empat puluh tahun, 1909, Ahmad Dahlan telah membuat te¬robosan dan strategi dakwah: ia memasuki perkumpulan Budi Utomo. Melalui per¬kumpulan ini, Dahlan berharap dapat memberikan pelajaran agama kepada para anggotanya. Lebih dari itu, karena anggo¬ta-anggota Budi Utomo pada umumnya bekerja di sekolah-sekolah dan kantor¬-kantor pemerintah, Ahmad Dahlan berha¬rap dapat mengajarkan pelajaran agama di sekolah-seko1ah pemerintah. Rupanya, pe¬lajaran dan cara mengajar agama yang di-berikan. Ahmad Dahlan dapat diterima baik oleh anggota-anggota Budi Utomo. Terbukti, mereka menyarankan agar Ah¬mad Dahlan membuka sendiri sekolah se¬cara terpisah. Sekolah tersebut hendaknya didukung oleh suatu organisasi yang bersi¬fat permanen.
4. Gerakan Pembaruan Ahmad Dahlan
Gerakan pembaruan K.H. Ahmad Dahlan, yang berbeda dengan masyarakat zamannya mempunai landasan yang kuat, baik dari keilmuan maupun keyakinan Qur’aniyyah guna meluruskan tatanan perilaku keagamaan yang berlandaskan pada sumber aslinya, Al-Qur’an dengan penafsiran yang sesuai dengan akal sehat. Berangkat dari semangat ini, ia menolak taqlid dan mulai tahun 1910 M. penolakannya terhadap taqlid semakin jelas. Akan tetapi ia tidak menyalurkan ide-idenya secara tertulis.
Kemudian dia mengeliminasi upacara selametan karena merupakan perbuatan bid’ah dan juga pengkeramatan kuburan Orang Suci dengan meminta restu dari roh orang yang meninggal karena akan membawa kemusyrikan (penyekutuan Tuhan). Mengenai tahlil dan talqin, menurutnya, hal itu merupakan upacara mengada-ada (bid’ah). Ia juga menentang kepercavaan pada jimat yang sering dipercaya oleh orang-orang Keraton maupun daerah pedesaan, yang menurutnya akan mengakibatkan kemusyrikan.
Mendirikan Perserikatan Muhammadiyah Sebelum mendirikan Organisasi Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan aktif di berbagai perkumpulan, seperti Al-Jami’at Al-Khairiyyah (organisasi masyarakat Arab di Indonesia), Budi Utomo dan Sarekat Islam. Ia termasuk salah seorang ulama yang mula-mula mengajar agama Islam di Sekolah Negeri, seperti Sekolah Guru (Kweekschool) di Jetis Yogyakarta dan OSVIA di Magelang.
Selain berdagang pada hari-hari tertentu, dia memberikan pengajian agama kepada beberapa kelompok orang, terutama pada kelompok murid Pendidikan Guru Pribumi di Yogyakarta. Dia juga pernah mencoba mendirikan sebuah madrasah dcngan pengantar bahasa Arab di lingkungan Keraton, namun gagal.
Selanjutnya, pada tanggal 1 Desember 1911 M. Ahmad Dahlan mendirikan sebuah Sekolah Dasar di lingkungan Keraton Yogyakarta. Di sekolah ini, pelajaran umum diberikan oleh beberapa guru pribumi berdasarkan sistem pendidikan gubernemen. Sekolah ini barangkali merupakan Sekolah Islam Swasta pertama yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan subsidi pemerintah.
Sumbangan terbesarnya K.H. Ahmad Dahlan, yaitu pada tanggal 18 November 1912 M. mendirikan organisasi sosial keagamaan bersama temannya dari Kauman, seperti Haji Sujak, Haji Fachruddin, haji Tamim, Haji Hisyam, Haji syarkawi, dan Haji Abdul Gani.
Tujuan Muhammadiyah terutama untuk mendalami agama Islam di kalangan anggotanya sendiri dan menyebarkan agama Islam di luar anggota inti. Untuk mencapai tujuan ini, organisasi itu bermaksud mendirikan lembaga pendidikan, mengadakan rapat-rapat dan tabligh yang membicarakan masalah-masalah Islam, mendirikan wakaf dan masjid-masjid serta menerbitkan buku-buku, brosur-brosur, surat kabar dan majalah.
Sebagai jawaban terhadap kondisi pendidikan umat Islam yang tidak bisa merespon tantangan zaman, K.H. Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyah melanjutkan model sekolah yang digabungkan dengan sistem pendidikan gubernemen. Ini mengadopsi pendidikan model Barat, karena sistemnya dipandang “yang terbaik” dan disempurnakan dengan penambahan mata pelajaran agama. Dengan kata lain, ia berusaha untuk mengislamkan berbagai segi kehidupan yang tidak Islami. Umat Islam tidak diarahkan kepada pemahaman “agama mistis” melainkan menghadapi duni secara realitis.
Pada tanggal 20 Desember 1912, Ahmad Dahlan mengajukan permohonan kepada Pemerintah Hindia Belanda untuk mendapatkan badan hukum. Permohonan itu baru dikabulkan pada tahun 1914, dengan surat ketetapan Pemerintah No. 81 tanggal 22 Agustus 1914. izin itu hanya berlaku untuk daerah Yokyakarta. Dari Pemerintah Hindia Belanda timbul kekhawatiran akan perkembangan organisasi ini. Itulah sbabnya kegiatannya dibatasi. Walaupun Muhammadiyah dibatasi, tetapi di daerah lain seperti Srakandan, Wonosari, dan Imogiri dan lain-lain tempat telah berdiri cabang Muhammadiyah di luar Yokyakarta memakai nama lain. Misalnya Nurul Islam di Pekalongan, Ujung Pandang dengan nama Al-Munir, di Garut dengan nama Ahmadiyah. Sedangkan di Solo berdiri perkumpulan Sidiq Amanah Tabligh Fathonah (SATF) yang mendapat pimpinan dari cabang Muhammadiyah. Bahkan dalam kota Yokyakarta sendiri ia menganjurkan adanya jama’ah dan perkumpulan untuk mengadakan pengajian dan menjalankan kepentingan Islam. Perkumpulan-perkumpulan dan jama’ah-jama’ah ini mendapat bimbingan dari Muhammadiyah, yang diantaranya ialah Ikhwanul Muslimin, Taqwimuddin, Cahaya Muda, Hambudi-Suci, Khayatul Qulub, Priya Utama, Dewan Islam, Thaharatul Qulub, Thaharatul-Aba, Ta’awanu alal birri, Ta’ruf Bima kanu wal-Fajri, Wal-Ashri, Jamiyatul Muslimin, Syahratul Mubtadi.
Sementara itu, usaha-usaha Muhammadiyah bukan hanya bergerak pada bidang pengajaran, tapi juga bidang-bidang lain, terutama sosial umat Islam. Sehubungan dengan itu, Muhammadiyah sebagai gerakan sosial keagamaan mempunyai ciri-ciri khas sebagai berikut:
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
Muhammadiyah dalam melaksanakan dan memperjuangkan keyakinan dan cita-cita organisasinya berasaskan Islam. Menurut Muhammadiyah, bahwa dengan Islam bisa dijamin kebahagiaan yang hakiki hidup di dunia dan akhirat, material dan spiritual.
Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah.
Untuk mewujudkan keyakinan dan cita-cita Muhammadiyah yang berdasarkan Islam, yaitu amar ma’ruf dan nahi munkar. Dakwah dilakukan menurut cara yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Dakwah Islam dilakukan dengan hikmah, kebijaksanaan, nasehat, ajakan, dan jika perlu dilakukan dengan berdialog.
Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid.
Usaha-usaha yang dirintis dan dilaksanakan menunjukkan bahwa Muhammadiyah selalu berusaha memperbarui dan meningkatkan pemahaman Islam secara rasional sehingga Islam lebih mudah diterima dan dihayati oleh segenap lapisan masyarakat.
Muhammadiyah sebagai gerakan sosial keagamaan, lengkaplah ketika pada tahun 1917 M. membentuk bagian khusus wanita yaitu ‘Aisyah. Bagian ini menyelenggarakan tabligh khusus wanita, memberika kursus kewanitaan. Pemeliharaan fakir miskin, serta memberi bantuan kepada orang sakit. Kegiatan Muhammadiyah dengan ‘Aisyah ini berjalan baik, terutama karena banyak orang Islam baik menjadi anggota maupun simpatisan memberikan zakatnya kepada organisasi ini.
Di samping ‘Aisyiah, kegiatan lain dalam bentuk kelembagaan yang berada di bawah organisasi Muhammadiyah ialah (1) PKU (Penolong Kesengsaraan Umum) yang bergerak dalam usaha membantu orang-orang miskin, yatim piatu, korban bencana alam dan mendirikan klinik-klinik kesehatan; (2) Hizb AI-Wathan, gerakan kepanduan Muhammadiyah yang dibentuk pada tahun 1917 M. oleh K.H. Ahmad Dahlan; (3) Majlis Tarjih, yang bertugas mengeluarkan fatwa terhadap masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
Analisa
Cita-cita K.H. Ahmad Dahlan sebagai ulama cukup tegas, ia ingin memperbaiki masyarakat Indonesia berlandaskan cita-cita Islam. Usaha-usahanya lebih ditujukan untuk hidup beragama. Keyakinannya bahwa untuk membangun masyarakat bangsa haruslah terlebih dahulu di bangun semangat bangsa.
Dengan keuletan yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Dahlan, dengan gerakannya yang tidak pernah luput dari amal, kelenturan dan kebijaksaan dalam membawa misinya, telah mampu menempatkan posisi “aman”, baik pada zaman penjajahan maupun pada masa kemerdekaan. Jejak langkah K.H. Ahmad Dahlan senantiasa menitik-beratkan pada pemberantasan dan melawan kebodohan serta keterbelakangan yang senantiasa berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.
Arus dinamika pembahruan terus mengalir dan bergerak menuju kepada berbagai persoalan kehidupan yang semakin kompleks. Dengan demikian, peranan pendidikan Islam menjadi semakin penting dan strategis untuk senantiasa mendapat perhatian yang serius. Hal ini disebabkan, karean pendidikan merupakan media yang sangat strategis untuk mencerdaskan umat. Melalui media ini, umat akan semakin kritis dan memiliki daya analisa yang tajam dan membaca peta kehidupan masa depannya yang dinamis. Dalam konteks ini, setidaknya pemikiran pendidikan Ahmad Dahlan dapat diletakkan sebagai upaya sekaligus wacana untuk memberikan inspirasi bagi pembentukan dan pembinaan peradaban umat masa depan yang lebih proporsional.
Kesimpulan
Ahmad Dahlan lahir di Kauman (Yogyakarta) pada tahun 1968 dan meninggal pada tanggal 25 Februari 1921. Ia berasal dari keluarga yang didaktis dan terkenal alim dalam ilmu agama. Ayahnya bernama K.H. Abu Bakar, seorang imam dan khatib masjid besar KratonYogyakarta. Sementara ibunya bernama Siti Aminah, putri K.H. Ibrahim yang pernah menjabat sebagai penghulu di Kraton Yogyakarta.
Ide pembaharuan K.H. Ahmad Dahlan mulai disosialisasikan ketika menjabat khatib di Masjid Agung Kesultanan. Salah satunya adalah menggarisi lantai Masjid Besar dengan penggaris miring 241/2 derajat ke Utara.
Ketika berusia empat puluh tahun, 1909, Ahmad Dahlan telah membuat terobosan dan strategi dakwah: ia memasuki perkumpulan Budi Utomo. Melalui per¬kumpulan ini, Dahlan berharap dapat memberikan pelajaran agama kepada para anggotanya.
Gerakan pembaruan K.H. Ahmad Dahlan, yang berbeda dengan masyarakat zamannya mempunai landasan yang kuat, baik dari keilmuan maupun keyakinan Qur’aniyyah guna meluruskan tatanan perilaku keagamaan yang berlandaskan pada sumber aslinya, Al-Qur’an dengan penafsiran yang sesuai dengan akal sehat. Berangkat dari semangat ini, ia menolak taqlid dan mulai tahun 1910 M. penolakannya terhadap taqlid semakin jelas. Akan tetapi ia tidak menyalurkan ide-idenya secara tertulis.
pada tanggal 1 Desember 1911 M. Ahmad Dahlan mendirikan sebuah Sekolah Dasar di lingkungan Keraton Yogyakarta. Di sekolah ini, pelajaran umum diberikan oleh beberapa guru pribumi berdasarkan sistem pendidikan gubernemen. Sekolah ini barangkali merupakan Sekolah Islam Swasta pertama yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan subsidi pemerintah.
Sumbangan terbesarnya K.H. Ahmad Dahlan, yaitu pada tanggal 18 November 1912 M. mendirikan organisasi sosial keagamaan bersama temannya dari Kauman, seperti Haji Sujak, Haji Fachruddin, haji Tamim, Haji Hisyam, Haji syarkawi, dan Haji Abdul Gani.
Sementara itu, usaha-usaha Muhammadiyah bukan hanya bergerak pada bidang pengajaran, tapi juga bidang-bidang lain, terutama sosial umat Islam. Sehubungan dengan itu, Muhammadiyah sebagai gerakan sosial keagamaan mempunyai ciri-ciri khas sebagai berikut:
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah.
Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid.
Muhammadiyah sebagai gerakan sosial keagamaan, lengkaplah ketika pada tahun 1917 M. membentuk bagian khusus wanita yaitu ‘Aisyah.